Ingin menghubungi Call Center PLN? Begini Caranya!
PLN memiliki Contact Center 123 yang tersebar di beberapa kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Denpasar, dan Semarang. Tujuannya jelas, mereka akan menampung dan membantu pelanggan di seluruh Indonesia yang mengalami dan mengeluhkan masalah kelistrikan. Jadi, bagaimana cara menghubunginya? Simak ulasannya di bawah ini!
Cara Menghubungi Call Center PLN
Cara Menghubungi Call Center PLN
Cara menghubungi Call Center PLN. Sumber gambar: writer.id
Sebagai pelanggan PLN, Anda dapat menghubungi Contact Center PLN ke nomor 123. Layanan Contact Center sendiri buka 24 jam, sehingga Anda dapat menghubunginya kapan saja ketika Anda membutuhkan bantuan listrik di rumah atau kantor Anda. Ada dua cara untuk menghubungi Contact Center 123, yaitu melalui telepon dan ponsel.
Untuk pengguna telepon, pelanggan cukup menekan 123, lalu dial. Sedangkan jika Anda menggunakan ponsel, Anda perlu menambahkan kode area sebelum menghubungi 123. Misalnya, jika Anda tinggal di Jakarta, maka Anda harus memasukkan 021-123 di ponsel Anda untuk berbicara dengan petugas Contact Center.
Satu hal yang perlu diperhatikan adalah jika Anda menelepon Contact Center 123 melalui ponsel, pastikan pulsa Anda mencukupi. Hal ini dikarenakan Call Center 123 bukanlah layanan bebas pulsa. Setelah terhubung dengan petugas Contact Center, Anda bisa menjelaskan apa masalahnya.
Saat Memanggil Pusat Panggilan
Saat menghubungi Call Center PLN
Saat menghubungi Call Center PLN. Sumber gambar: pexels.com
Saat menghubungi Call Center, Anda akan ditanya nama dan alamat pelaporan Anda. Jelaskan dengan jelas dimana lokasi yang mengalami masalah kelistrikan. Sebutkan juga nomor telepon atau handphone yang dapat dihubungi, agar petugas lapangan PLN dapat mendatanginya dengan mudah. Memberikan jawaban atas semua pertanyaan yang diberikan oleh petugas.
Selain menyebutkan nama, alamat pengaduan, dan nomor telepon atau ponsel, Anda perlu mencatat nomor pengaduan Anda. Untuk apa? Nomor pengaduan akan sangat berguna untuk mengetahui kemajuan pekerjaan petugas PLN. Jika dalam beberapa jam setelah membuat laporan awal masalah listrik belum teratasi, Anda dapat menghubungi kembali Call Center 123 dan menyebutkan nomor pengaduan yang diperoleh sebelumnya.
Petugas Call Center akan memberikan jawaban atas perkembangan keluhan kelistrikan Anda. Jika tidak dilakukan, maka keluhan Anda akan diprioritaskan. Oleh karena itu, jangan lupa untuk meminta nomor pengaduan atau nomor laporan saat pertama kali melaporkan masalah kelistrikan ke Call Center 123. Saat petugas datang ke rumah Anda, petugas tidak akan meminta uang sepeser pun, karena saat ini PLN menerapkan pelayanan yang bersih dan transparan kepada setiap pelanggan.
Masalah Apa yang Dapat Dilaporkan?
Kesalahan listrik
Gangguan listrik. Sumber gambar: pexels.com
Setelah mengetahui cara menghubungi Call Center 123, Anda juga perlu mengetahui masalah kelistrikan apa saja yang bisa diselesaikan oleh petugas PLN. Secara umum PLN sebagai pemasok tenaga listrik di seluruh Indonesia dapat mengatasi segala permasalahan di bidang kelistrikan yang disebabkan oleh faktor internal atau sistem. Jika masalah disebabkan oleh pemilik rumah, petugas akan menyarankan apa yang perlu dilakukan.
Salah satu laporan yang paling banyak dikeluhkan pelanggan adalah listrik padam atau lebih dikenal dengan pemadaman listrik. Laporan lainnya adalah under voltage over, artinya ada tegangan catu daya yang berada di atas atau di bawah daya normal. Gangguan tersebut dapat merusak perangkat elektronik di rumah, seperti televisi, AC, lemari es, dan mesin cuci.
Selain itu, Anda dapat melaporkan gangguan peralihan sementara atau penurunan tegangan dalam jangka waktu yang relatif cepat, di bawah satu detik. Masalah ini tidak kalah berbahayanya dengan over dan under voltage. Tidak hanya beberapa gangguan di atas, ada beberapa masalah kelistrikan yang bisa Anda laporkan ke petugas Call Center 123, seperti:
Variasi Frekuensi, yaitu ketika listrik memiliki frekuensi yang tidak stabil yang naik turun.
Power SAG, atau voltase tiba-tiba turun hampir 100%. Gangguan ini biasanya disebabkan oleh penggunaan perangkat elektronik dengan daya melebihi batas normal.
Kebisingan Saluran Listrik, yaitu ketika gelombang listrik terganggu oleh faktor eksternal, seperti petir, pemasangan yang tidak tepat, dan frekuensi radio.
Layanan Lain di Call Center 123
Meteran listrik rumah
Meteran listrik rumah. Sumber gambar: pixabay.com
Selain keluhan masalah kelistrikan, Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas yang disediakan PLN melalui sistem Contact Center-nya. Beberapa layanan tersebut antara lain pengajuan sambungan listrik baru, migrasi dari skema pembayaran listrik pascabayar ke prabayar, mengetahui informasi tagihan listrik, membuat sambungan sementara untuk acara tertentu, hingga mengganti daya listrik yang telah terpasang. Semua ini dapat dilakukan dengan menghubungi Call Center 123.
Sumber :